Analisa Bisnis

Tata Cara, Tips & Modal Membuka Bisnis Studio Musik

Studio musik adalah sebuah tempat yang biasanya digunakan oleh para pemusik untuk latihan atau ngejam bareng teman-temannya. Dari pengalaman saya kala dulu masih suka ngeband, studio musik merupakan salah satu tempat yang cukup memberi inspirasi untuk saya, ini adalah salah satu usaha yang ingin saya jalankan kelak.
sumber gambar : kaskus
Sewa studio musik biasanya antara 20-50 ribu, dan dalam satu hari bisa terpakai 5-10 jam, jadi dalam satu hari omset studio musik bisa mencapai 500 ribuan, dan satu bulan di kisaran 15 jutaan. Itu hanya dari 1 studio saja, karena dari pengalaman saya nyatanya banyak studio musik yang menyediakan ruangan hingga 3 sekaligus.
Jika anda punya hobi bermusik dan ingin merubah hobi anda menjadi sebuah bisnis, maka studio musik bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memulai usaha jasa ini diantaranya adalah :
  • Perlengkapan musik yang lengkap dan berkualitas
  • Ruangan ber-AC yang kedap suara
  • Audio yang mantap
  • Lokasi studio musik yang mudah dijangkau dan strategis
  • Persyaratan berupa surat izin usaha seperti izin gangguan, NPWP, dan surat izin lainnya
Jika anda sudah melengkapi berbagai hal yang dibutuhkan, maka tinggal memikirkan bagaimana menjalankan usaha ini. Oh iya, modal untuk membuka studio musik tidak sedikit loh, perhitungan sederhananya seperti ini :
  • Tempat usaha : 10.000.000
  • Perlengkapan alat musik & sound system : 30.000.000
  • Display ruangan studio musik : 1.000.000
  • Tambahan lain-lain : 4.000.000
Total modal awal yang dikeluarkan berkisar antara 45-50 juta, namun masih bisa dihemat lagi jika anda punya tempat usaha sendiri, peralatan musik yang lebih murah, dan pengurangan pengeluaran yang tidak terlalu penting. 
Dengan omset di kisaran 15 juta per bulan, maka tidak sampai 1 tahun saja bisnis ini bisa balik modal dan anda tinggal menikmati hasilnya yang terus mengalir selama bisnis anda jalan dengan lancar. Jangan lupa untuk menjalin relasi dengan para pemusik, selain mereka akan mempromosikan bisnis anda, tak menutup kemungkinan juga mereka bisa menyewa peralatan musik anda, lumayan loh satu hari sewa bisa mencapai 2 juta lebih, bayangin aja kalau tiap malam minggu disewain, 8 juta masuk kantong.
Seperti bisnis jasa yang lainnya, pelayanan adalah hal utama dalam bisnis studio musik ini, usahakan perlengkapan musik anda bagus, ruangan nyaman dan luas, serta ada tenaga ahli yang siap membantu para pelanggan yang membutuhkan bantuan.

Terimakasih telah membaca di Aopok.com, semoga bermanfaat dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Piool.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com dan join di komunitas Topoin.com.

Most Popular

To Top